Mood



Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, saya, Anda dan kita tidak lepas dari pengaruh mood. Mood sangat menentukan timbul tenggelamnya semangat dan motivasi dalam diri kita untuk melakukan dan menyelesaikan sebuah kegiatan atau persoalan. Ketika kita mengikuti mood, proses dan hasil kerja kita juga tergantung kepada kondisi mood itu. Moody ini tidak bisa dibiarkan begitu saja sebagai sebuah siklus diri, tetapi harus dikendalikan dan diarahkan dengan benar agar tidak mengubah kita menjadi depresi. Memperbaiki bad mood, serta meningkatkan good mood merupakan cara efektif untuk menjaga kelangsungan hidup motivasi dalam diri kita

Perlu diketahui bahwa mood merupakan efek dari suasana hati, sehingga mengelola hati merupakan bengkel progresif bagi perbaikan dan peningkatan mood. Dalam kamus Oxford, mood diartikan “the way you are feeling at a particular time”, yaitu suasana hati atau jiwa pada saat tertentu, bisa dalam keadaan baik (good mood) maupun buruk (bad mood). Karena itu, mood bisa kita kondisikan dengan memperbaikinya dan meningkatkannya.

Selain karena faktor internal suasana hati kita, mood juga dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti kondisi lingkungan sosial, kondisi cuaca atau hubungan personal dengan pasangan kita. Faktor lain yang berpengaruh ialah asupan gizi dalam makanan yang kita konsumsi, serta pola hidup yang kita realisasikan dalam kebiasaan kita sehari-hari. Kendali mood ialah sistem kerja otak, sehingga kemampuan kerja otak yang maksimal mempengaruhi stabilitas mood kita. Oleh karena itu, untuk memperbaiki bad mood dan meningkatkan good mood diperlukan cara yang sinergis antara hati, otak dan tubuh kita.

Berikut ini cara-cara sehat, alami dan ilmiah untuk mencegah dan memperbaiki bad mood :

· Menurut penelitian, coklat bisa membantu untuk mengurangi rasa stress dengan cara berbagai macam seperti dikonsumsi, SPA atau yang lain. Bad mood anda itu mungkin merupakan awal dari rasa stress. Untuk membuktikan kekhasiatannya coba lah…dan buktikanlah…tetapi ingat jangan terlalu banyak, karena akan meningkatkan kegemukan anda jika dikonsumsi. Takutnya timbul opini stress awal dari kegemukan karena terlalu banyak mengkonsumsi coklat

· Berhenti sejenak atau beristirahat, mungkin sambil lari-lari kecil atau menghela nafas. Jangan asumsikan beristirahat itu dengan tidur, karena tidur akan memberikan masalah pada anda saat anda sedang beraktifitas, salah satu contohnya jika di kantor, anda akan mendapatkan teguran oleh atasan anda dan teguran itu akan menyebabkan anda lebih stress lagi dari sebelumnya, karena atasan anda telah memberikan SP.

· Sense of humor juga penting bagi anda dalam memperbaiki mood, beruntunglah anda yang memiliki sense of humor yang tinggi, tapi tempatkan sense of humor anda ini di tempat yang tepat, jangan sampai saat anda melakukan humor saat atasan anda sedang marah, bukan suara tawa dari atasan anda tapi suara tamparan yang anda dengar dan anda rasakan mengenai pipi anda (Sakittttttt).

· Perbanyak penyegaran, seperti rekreasi, jalan-jalan, berenang atau aktifitas yang menyenangkan saat anda sedang off dari aktifitas kerja. Jangan lakukan aktifitas ini saat anda tengah dalam hari kerja dan banyak pekerjaan yang menunggu anda. Bukan penyegaran yang akan anda dapatkan tapi caci maki dari atasan anda…(sangat buruk)

· Kurangi begadang pada malam hari saat pada hari kerja, karena kata bang rhoma irama begadang jangan begadang karena tiada artinya, yang ada itu anda akan mengantuk saat kerja pada esok hari.(woahhhammm)

Mudah-mudah cara dan tips di atas dapat mengurangi rasa bad mood anda…

Selamat Mencoba J

Newer Post Older Post

Leave a Reply

Powered by Blogger.